Pernyataan bersama NU, PGI & KWI

PERNYATAAN BERSAMA NU, PGI, KWI

 TENTANG KERUKUNAN UMAT BERAGAMA

DI INDONESIA

Pemerintah melalui Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri telah mengeluarkan Peraturan Bersama (Perber) Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri Nomor: 9 Tahun 2006 dan Nomor: 8 Tahun 2006 tertanggal 21 Maret 2006 tentang Pedoman Pelaksanaan Tugas Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah Dalam Pemeliharaan Kerukunan Umat Beragama, Pemberdayaan Forum Kerukunan Umat Beragama, dan Pendirian Rumah Ibadat.

        Tujuan penerbitan Perber ini adalah untuk menciptakan kerukunan umat beragama sekaligus memberikan jaminan kepada setiap warga negara untuk menjalankan ibadahnya sesuai dengan UUD 1945. Tanpa kebebasan beragam dan kerukunan umat beragama mustahil bangsa ini bisa membangun, maju, dan sejahtera.

        Berkaitan dengan hal tersebut, kami pimpinan lintas agama yaitu Nahdlatul Ulama, Konferensi Waligereja Indonesia (KWI), dan Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) menyampaikan hal-hal sebagai berikut:

Kepada segenap umat beragama di Indonesia agar memelihara kerukunan umat beragama di tempat kita masing-masing. Marilah kita menghindari sikap main hakim sendiri dan tindakan anarkhis yang tidak menyelesaikan persoalan.

Kepada pemerintah baik di tingkat pusat maupun daerah (provinsi, kota/kabupaten, kecamatan, kelurahan/desa) di seluruh Indonesia agarmenjalankan Perber ini dengan seadil-adilnya di daerah masing-masing.

Kepada aparat keamanan khususnya Kepolisian RI agar memberikan jaminan keamanan bagi segenap masyarakat yang menjalankan ibadah sesuai dengan agamanya masing-masing, dan tidak membiarkan orang main hakim sendiri dan melakukan tindakan anarkhis.

Kepada media massa diharapkan agar menyampaikan pemberitaan yang akuran mengenai adanya penutupan rumah ibadat.

        Demikian himbauan bersama ini kami sampaikan sambil berharap semoga bangsa Indonesia yang majemuk ini senantiasa dilindungi Tuhan Yang Maha Kuasa.

Jakarta, 27 April 2006

Ketua PB. NU                     Ketua Umum PGI                    Ketua KWI
K.H. Hasyim Muzadi           Pdt. Dr. A.A. Yewangoe          Julius Kardinal Darmaatmadja, S.J.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: