install firefox2 di dapper

Pcplus minggu ini, headlinenya pertarungan 2 browser besar dijaga maya yang baru aja ngeluarin release barunya yaitu Firefox 2 dan IE 7.0 , karena udah enek dengan ie dan segala yang berbau si gates, pengen coba install firefox 2 didapper, cari2 referensi dapetnya didebianadmin.com, lengkapnya bisa diliat disini http://www.debianadmin.com/install-firefox2-in-ubuntu-and-list-of-recomended-addons.html, tapi menurut IKC.com belajar dengan menuliskannya, sekarang gw pengen coba tulis2 aja pas nyobain langkah2nya.

1. siapin sistem ubuntunya disaranin sih nginstall file pendukung dependencynya

$ sudo apt-get install libstdc++5

2. klo sebelumnya pernah nginstall firefox versi terdahulu kita backup dulu foldernya

$ sudo cp -R ~/.mozilla ~/.mozillabackup

3. download firefox 2nya

$ wget -c http://ftp-mozilla.netscape.com/pub/mozilla.org/firefox/releases/2.0/linux-i686/en-US/firefox-2.0.tar.gz
atau di halaman download mozilla http://www.mozilla.com/en-US/firefox/all.html

4. ekstrak paket firefoxnya

$ sudo tar -C /opt -xzvf firefox-2.0.tar.gz

5. sekarang kita coba hubungi plugin2 yang udah ad

$ cd /opt/firefox/plugins/

$ sudo ln -s /usr/lib/mozilla-firefox/plugins/* .
pas gw coba langkah diatas error karena kurang titik gak taunya ngaruh ya

6. abis itu kita buat launcher firefox yang baru

$ sudo dpkg-divert –divert /usr/bin/firefox.ubuntu –rename /usr/bin/firefox

$ sudo ln -s /opt/firefox/firefox /usr/bin/firefox

$ sudo dpkg-divert –divert /usr/bin/mozilla-firefox.ubuntu –rename /usr/bin/mozilla-firefox

$ sudo ln -s /opt/firefox/firefox /usr/bin/mozilla-firefox

kelar dah, tinggal jalanin firefoxnya , tunggu sebentar karena firefox melakukan updates dan setelah itu siap browsing lagi (CMIIW).

screenshot.png

thumbnail firefox in action

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: