Vikjen KAS – Pujasumarta menjadi Uskup Bandung yang baru

informasi ini didapat pertamakali pas misa hari tritunggal mahakudus tanggal 18 mei 2008 ketika khotbah misa oleh romo paroki , bahwa keuskupan bandung telah mendapat uskup baru yang diangkat langsugn oleh paus Benediktus XVI, berikut cuplikan dari kompas , copas dari mirifica.net :

[Kompas.com]Semarang, Sabtu – Vikaris Jenderal Keuskupan Agung Semarang Johannes Pujasumarta , Pr (59) diangkat menjadi Uskup Bandung, menggantikan Mgr. Alexander Soentadio Djajasiswaja, Pr yang meninggal tahun 2005 lalu.

Saat dihubungi, Romo Pujasumarta membenarkan bahwa dirinya menjadi Uskup Bandung yang baru. Tahta Suci Vatikan di Roma mengumumkan pengangkatan itu pada hari Sabtu (17/5) pukul 12.00 waktu Roma, atau
pukul 17.00 Waktu Indonesia Barat (WIB). Surat pengangkatan dirinya itu ditandatangani oleh Paus Benediktus XVI.

Menurut dia, sebelum menerima pengumuman resmi, Vatikan telah menghubungi dan menanyakan kesediannya menjadi Uskup Bandung. “Saya jawab, ya, saya bersedia,” ujarnya , Sabtu (17/5) malam,.

Seminggu yang lalu, Vatikan telah memberitahukan perihal pengangkatan Pujasumarta sebagai Uskup Bandung. Meski begitu, mereka memintanya untuk menunggu pengumuman resmi.

Romo Pujasumarta menuturkan, menjadi Uskup di Bandung merupakan tantangan tersendiri. Hal itu terjadi karena Bandung merupakan wilayah yang baru baginya.
“Ada kultur baru dan bahasa baru yang akan saya temui. Oleh karena itu, saya meminta kepada umat di Bandung agar bisa berjalan bersama- sama,” katanya.

Sebelum menjalankan tugas sebagai uskup yang baru di Bandung, ia masih harus menunggu upacara pentahbisan yang akan dilaksanakan paling lambat pertengahan Juli nanti. Upacara tersebut akan dipimpin oleh
Kardinal Julius Darmaatmadja , SJ , Uskup Agung Semarang Mgr. Ignatius Suharyo, dan Duta Besar Vatikan untuk Indonesia.

Sementara itu, menunggu pentahbisan dirinya, Keuskupan Agung Bandung dipegang oleh Administrator Keuskupan Bandung, Pst. Markus Priyo Kushardjono OSC .
Sebagai Uskup baru, Pujasumarta mengaku belum bisa menentukan langkah apa saja yang akan diambil. Meski begitu, ia akan banyak mendengar pendapat dewan pastoral yang lebih mengenal dan memahami kondisi umat
di Bandung.
“Saya akan mencoba menciptakan iklim yang baik, sehingga kehadiran gereja bisa memberi manfaat bagi umat dan masyarakat,” tandasnya. (a05/ a09)

bagi yang ingin silaturahmi atau mengenal pribadi romo pujasumarta , bisa berkunjung ke blog pribadinya di http://pujasumarta.multiply.com

proficiat dan selamat untuk romo pujasumarta.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: